Cara Merawat Peralatan Laboratorium Anda

Memastikan pengumpulan data berkualitas sangat penting untuk keberhasilan percobaan sains, khususnya kimia. Peralatan laboratorium seperti termos Erlenmeyer, tabung reaksi, keseimbangan ilmiah, dan gelas kimia mengandung reagen kimia dan produk reaksi utama. Karena reaktan dan produk dalam reaksi kimia harus ditimbang dan diseimbangkan dengan hati-hati untuk analisis nanti serta fakta bahwa reaksi tertentu sulit untuk memicu dan mempertahankan menjaga gelas dan instrumen laboratorium lainnya bebas kontaminan sangat penting. Perawatan yang tepat dari peralatan laboratorium sains, khususnya peralatan laboratorium kimia, adalah keterampilan penting bagi ilmuwan fisik modern mana pun.

Langkah mendasar yang paling mendasar untuk memastikan bahwa peralatan laboratorium bebas dari kontaminan adalah dengan membilas setiap barang yang digunakan, baik sebelum atau sesudah percobaan dimulai, dengan air yang terdeionisasi. Menggunakan DI air untuk membersihkan peralatan laboratorium kimia penting karena bebas dari muatan listrik dan memiliki pH yang relatif netral. Air yang tidak DI yang menempel ke sisi gelas kemungkinan akan mengubah pH solusi tambahan dan memperkenalkan kesalahan sistematis ke dalam perhitungan nanti. Setiap instrumen lab yang telah dibilas harus dikeringkan dengan hati-hati menggunakan handuk yang tidak akan melepaskan atau meninggalkan residu lainnya – cukup buang air berlebih dari instrumen.

Peralatan laboratorium sains rusak terlalu sering, tetapi yang lebih buruk adalah ketika ditangani secara kasar atau disimpan dengan tidak benar dan mengembangkan celah-celah tersembunyi atau film-film kimia. Banyak percobaan kimia membutuhkan penggunaan asam kuat dan basa yang harus terkandung dalam gelas. Jika mereka terkena kulit mereka dapat menyebabkan luka bakar yang serius. Gelas yang telah mengembangkan celah tersembunyi rentan pecah ketika diisi dengan larutan atau terbentur dalam perjalanan menjalankan eksperimen dan kerusakan ini dapat menyebabkan senyawa berbahaya tumpah dan memercik ke kulit yang terbuka. Peralatan laboratorium sains yang tidak dibersihkan atau disimpan dengan benar juga dapat terkontaminasi dengan bahan kimia yang akan mengalami reaksi samping yang tidak diinginkan selama percobaan, membuang keabsahan dari setiap hasil yang diperoleh.

Penyimpanan dan pemeliharaan instrumen laboratorium yang tepat sangatlah penting dan cukup sederhana. Saat tidak digunakan, simpan semua gelas dan instrumen dalam lemari tertutup yang kokoh. Saat menanganinya, gunakan genggaman yang kuat tetapi lembut dan bergerak perlahan dan dengan sengaja. Bersihkan sebelum dan sesudah percobaan dengan berkumur dengan air deionisasi. Dan tentu saja menggunakan instrumen yang terbaik untuk pekerjaan itu. Mencoba menuangkan cairan ke dalam buret tanpa corong dapat menyebabkan gerakan canggung, bahan kimia tumpah, dan instrumen laboratorium yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *