Alat Pelindung Diri (APD) dan Keselamatan Kerja

[ad_1]

Alat pelindung diri atau APD mengacu pada seperangkat pakaian pelindung, helm, sepatu bot, dan peralatan lain yang digunakan untuk melindungi dari cedera dan bahaya. Orang terkadang harus bekerja di lingkungan yang paling berbahaya. Peralatan keselamatan membantu pekerja melindungi diri terhadap bahan kimia, biohazards, bahaya fisik, bahaya listrik, dan lingkungan berbahaya lainnya di mana keselamatan tidak dapat dikompromikan.

Pakaian pelindung tidak terbatas pada keselamatan dan kesehatan kerja. Ini juga memainkan peran penting dalam kegiatan olahraga dan rekreasi. Paparan terhadap bahaya sebagian besar dapat dikurangi dengan memakai peralatan yang tepat ketika kontrol administratif dan teknik menjadi tidak efisien untuk mengurangi risiko pada tingkat yang dapat diterima. Namun, dalam beberapa kasus, pekerja tidak dapat sepenuhnya bergantung pada alat pelindung diri. Tujuan pakaian kerja adalah untuk menjaga penghalang antara tubuh pemakai dan lingkungan kerja. Saus yang tidak pantas dapat mengganggu kemampuan pekerja untuk melaksanakan tugasnya dengan bebas.

Kurangnya kenyamanan dan ketidakmampuan untuk melakukan tugas dengan mudah dapat menurunkan motivasi seseorang untuk mengambil tindakan pencegahan. Ini dapat meningkatkan risiko terkena cedera dan lingkungan yang keras. Solusinya adalah penggunaan desain ergonomis yang sangat baik yang mengurangi ketidaknyamanan dan hambatan yang mencegah pekerja dari memakai peralatan pelindung.

Kategori APD

Kita dapat mengkategorikan workwear dengan jenis pakaian, sifat bahaya, dan area tubuh. Misalnya, ketika menyangkut keamanan makanan, sepatu bot dapat dikategorikan sebagai:

  • Tutup dan sol baja kaki digunakan untuk melindungi kaki dari cedera tusukan

  • Karet dan lapisan anti karat untuk memastikan perlindungan kaki dari bahan kimia berbahaya

  • Tahan panas dan reflektifitas adalah untuk memastikan keamanan terhadap panas dan api

  • Resistivitas listrik sepatu membantu pekerja melindungi terhadap kejutan listrik

Ketersediaan berbagai bentuk sepatu pelindung memudahkan para pekerja untuk memilih sepasang sepatu bot yang dibuat khusus untuk pekerjaan mereka. Beberapa jenis APD yang umum adalah:

  • Pakaian dengan visibilitas tinggi

  • Pakaian pelindung kimia

  • Pakaian pelindung olahraga

  • Pakaian kerja industri

  • Pakaian keamanan Chainsaw

Ada daftar panjang pakaian kerja yang digunakan untuk berbagai tugas fisik. Produsen pakaian kerja terus menghadirkan inovasi dan teknologi ke dalam produk mereka untuk memperluas cakupan pakaian pelindung. Beberapa pakaian kerja umum adalah baju, celana bib, pakaian terisolasi, dan parka. Alat pelindung diri sangat dianjurkan dan penting bagi orang yang harus melakukan tugas fisik yang berat di lingkungan yang tidak bersahabat. Bahkan, peralatan keamanan tidak bisa dihindari.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *